Tugas
TOU 5
- Di dalam melakukan perubahan atau penyesuaian organisasi harus melihat pada factor-faktor yang umum dapat mempengaruhi, maka hal yang terpenting dalam perubahan harus melihat pada aspek ?
a.
Pembagian kerja
b.
Rantai perintah
c.
Tipe pekerjaan yang dilaksanakan
d.
Pengelompokan segmen-segmen pekerjaan
e.
Tingkatan manajemen
- Dalam sifat dinamisnya organisasi, terdapat factor yang dapat mempengaruhinya, yaitu sebutkan ?
a. FAKTOR INTERN (DALAM)
· Tujuan
· Manusia-manusia
· Tata hubungan
· Tujuan
· Manusia-manusia
· Tata hubungan
b. FAKTOR EKTERN (LUAR)
NON FISIK
· Bersifat Konstitusional-politis
Contoh: UUD, Tap MPR, KEPRES, SISTEM PEMERINTAHAN
· Bersifat Sosial-politis
Contoh: Partisipasi masyarakat, Parpol, Susunan hidup masyarakat, peranan kelompok.
· Bersifat Sosial-ekonomi
Contoh: Kondisi hidup penduduk, Sumber penghasilan, umlah penduduk, Lapangan kerja.
· Bersifat Sosial-religius
Contoh: Pengaruh Agama, Hubungan pemeluk agama, Organisasi keagamaan.
· Bersifat Sosial-kultur
Contoh: Tingkat kecerdasan berpikir.
· Bersifat Teknik-teknologis
Contoh: Penemuan teknologi
NON FISIK
· Bersifat Konstitusional-politis
Contoh: UUD, Tap MPR, KEPRES, SISTEM PEMERINTAHAN
· Bersifat Sosial-politis
Contoh: Partisipasi masyarakat, Parpol, Susunan hidup masyarakat, peranan kelompok.
· Bersifat Sosial-ekonomi
Contoh: Kondisi hidup penduduk, Sumber penghasilan, umlah penduduk, Lapangan kerja.
· Bersifat Sosial-religius
Contoh: Pengaruh Agama, Hubungan pemeluk agama, Organisasi keagamaan.
· Bersifat Sosial-kultur
Contoh: Tingkat kecerdasan berpikir.
· Bersifat Teknik-teknologis
Contoh: Penemuan teknologi
3. Komplesitas
merupakan bagian dari struktur organisasi yang mempunyai arti penting bagi
seorang manajer, jelaskan arti penting tersebut ?
-
Untuk memudahkan seorang manajer untuk
mengatur dan mengawasi system organisasi
4. Sebutkan
pentingnya suatu organisasi melakukan restruturisasi pada bidang formalisasi ?
-
Restrukturisasi diartikan sebagai
penataan kembali struktur badan/lembaga sehingga kinerja badan/lembaga tersebut
dapat lebih efektif dan efisien. Kata efisiensi sering dianalogikan dengan penghematan,
yakni usaha-usaha untuk meningkatkan hasil kerja lembaga badan/lembaga sehingga
dengan penggunaan sumber daya sekecil mungkin mendapatkan hasil kerja yang
sebesar mungkin.
5. Jelaskan
mengapa suatu organisasi lebih baik menggunakan desentralisasi dari pada
sentralisasi dalam memanajemen organisasi dan pengambilan keputusan ?
-
sebagian besar keputusan dan kebijakan
yang berada di daerah dapat diputuskan di daerah tanpa adanya campur tangan
dari pemerintahan di pusat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar